Sabtu, 23 Maret 2013

Pentingnya Jalan Tol Bagi Perekonomian Suatu Daerah


Infrastruktur merupakan salah satu bagian penting penunjang roda perekonomian suatu daerah. Di antara infrastruktur tersebut adalah akses jalan dan jembatan. Tersedianya infrastruktur yang representatif sangat didambakan di setiap daerah. Hal ini dimaksudkan agar geliat perekonomian suatu daerah dapat berjalan dengan baik sehingga taraf hidup warga pun ikut terdongkrak meningkat. Dengan demikian, perekonomian secara nasional pun secara tidak langsung ikut terpengaruh secara  signifikan.
Jalan tol sebagai bagian infrastruktur penting di negeri ini turut mendukung kehidupan perekonomian. Melihat perkembangan pembangunan jalan tol trans-jawa beberapa tahun belakangan ini telah mampu memobilisasi arus, baik manusia maupun barang secara cepat dan efektif. Dengan dibangunnya jalan tol, kemudahan akses untuk menjangkau suatu daerah ke daerah lain semakin mudah dan cepat.
Di wilayah Cirebon sendiri seperti telah diketahui saat ini tengah dibangun ruas tol Cikampek-Palimanan. Walau pada awal mula pembangunan jalan tol ini menemui sejumlah kendala pembebasan lahan, namun kini masalah tersebut telah teratasi. Jika tidak ada aral yang melintang, ruas jalan tol ini ditargetkan rampung sekitar tahun 2014 mendatang. Adapun keberadaan tol tersebut bagi kelangsungan hidup perekonomian Kota Cirebon dan sekitarnya sangatlah besar manfaatnya.

 Sumber Gambar : www.google.com

Manfaat yang dapat dirasakan oleh warga Kota Cirebon dan sekitarnya setelah jalan tol Cikampek-Palimanan selesai dibangun diantaranya : semakin mudah dan cepatnya akses pulang pergi ke Ibukota Jakarta dan sebaliknya, semakin cepatnya pengiriman barang, semakin terbukanya peluang usaha baik dagang maupun jasa dikarenakan akan banyaknya pelancong yang datang ke Cirebon saat berlibur terutama saat akhir pekan.
Harapan ke depan
Beberapa waktu yang lalu, masyarakat Kota Cirebon baru saja melaksanakan pesta demokrasi pemilihan walikota. Dengan terpilihnya walikota yang baru, semoga perkembangan perekonomian di Kota Cirebon akan semakin maju seiring dibangunnya infrastuktur jalan tol Cikampek-Palimanan. Investasi di Kota Cirebon diharapkan semakin menggeliat perkembangannya.
Dengan dibangunnya jalan tol Cikampek-Palimanan ini, setidaknya Pemerintah Daerah, pengusaha serta masyarakat umum jeli dalam hal melihat peluang kemungkinan-kemungkinan potensi usaha/bisnis yang dapat digarap menghadapi keramaian yang akan terjadi nanti ketika jalan tol tersebut sudah beroperasi.
Pemerintah Daerah selaku pemangku kebijakan, harus mengeluarkan peraturan-peraturan daerah yang pro terhadap investasi untuk kemajuan daerahnya. Seperti mengeluarkan Perda yang mengatur pendirian dan penataan keberadaan Hotel-hotel, Pusat-pusat Bisnis, Ritel Modern, Revitalisasi Aset Daerah terutama tempat-tempat wisata, Revitalisasi Stasiun/Terminal/Pelabuhan, Revitalisasi Pasar-pasar Tradisional. Peraturan-peraturan daerah yang akan dikeluarkan hendaknya mengacu pada prinsip win-win solution, dalam arti bahwa peraturan tersebut telah dirumuskan secara komprehensif dan berkesinambungan antara Pemerintah Daerah, Pengusaha, dan Masyarakat sehingga setelah disahkan perda ini tidak menimbulkan pro dan kontra seperti tidak merugikan sebagian pihak, sedangkan sebagian pihak lainnya merasa diuntungkan, juga tidak melanggar/tumpang tindih dengan perda yang sudah ada sebelumnya.
Untuk Pengusaha, harus mendirikan usahanya dengan mengurus perijinan terlebih dahulu. Sehingga usahanya tersebut legal dan sah menurut hukum yang berlaku. Juga yang terpenting usahanya itu tidak menyalahi peraturan-peraturan yang ada, baik peraturan-peraturan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.
Setelah Pemerintah Daerah membuat regulasi mengenai investasi bagi daerahnya dan pengusaha mendirikan tempat-tempat usaha sesuai peraturan-peraturan yang berlaku, barulah saatnya masyarakat sebagai objek pembangunan perekonomian suatu daerah dapat melakukan transaksi jual beli secara aman dan nyaman.
Penulis berharap, semoga geliat perekonomian di Kota Cirebon khususnya serta Wilayah III Cirebon umumnya dapat terus tumbuh dan berkembang setelah diresmikannya jalan tol Cikampek-Palimanan nanti. Sehingga kehidupan masyarakat pun diharapkan dapat lebih sejahtera daripada sebelumnya. Karena pada intinya hakekat pembangunan suatu daerah ataupun suatu bangsa tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mensejahterakan masyarakatnya.

3 komentar:

  1. Good job ;p
    Mantab, buat tukar pikiran nih, oke3x ... Lanjutkan bray <(^_^)/

    BalasHapus
  2. Tolnya sudah jadi, dan sudah bisa digunakan, dan sudah memakan korban yang cukup banyak.
    Bukan karena mistis, karena memang di sana angin luar biasa, kalau tidak paham situasi di sana dan berkendara melebihi kecepatan, tidak memahami kondisi/ karakter kendaraan maka akan sangat fatal. Keselamatan ada di tangan kita sendiri.

    Manfaat tol ini sungguh luar biasa, memangkas waktu tempuh dan jarak. Amazing .. ;p

    BalasHapus