Minggu, 23 September 2012

Kemarau Panjang Melanda Cirebon dan Sekitarnya

Kemarau Di Cirebon Dari Tahun Ke Tahun Kian Memprihatinkan..

Air merupakan unsur penting bagi semua makhluk hidup. Bahkan, 75 % tubuh kita terdiri dari unsur air. Dunia pun 2/3 terdiri dari air. Oleh karenanya, air sangat dibutuhkan oleh setiap makhluk hidup di alam semesta ini.
Cirebon yang dulu sempat dikenal sebagai kota berlimpah air, namun kini kondisinya kritis. Hal ini berlangsung terutama saat musim kemarau datang. Sebagian kota ini dilanda kekeringan. Air bersih yang kini dinikmati warga pun saat ini berasal dari Kuningan. PDAM Cirebon-Kuningan bekerjasama untuk pemenuhan air minum warga Cirebon. Kejadian ini berbeda dengan dulu dimana Cirebon sendiri mampu memproduksi air bersih sendiri.
Dari tahun ke tahun, kemarau yang melanda kota/kab Cirebon semakin parah. Selain warga kesulitan air bersih, air untuk irigasi sawah pun kering yang disebabkan keringnya waduk/setu yang seharusnya menjadi cadangan air saat kemarau. Seperti yang terjadi di setu patok, Mundu Kab. Cirebon. Saat kemarau tahun 2011 kondisi air minim namun masih tersedia, berbeda dengan kondisi pada 2012 sekarang ini setu patok kering kerontang.
kondisi setu patok 30 Oktober 2011


kondisi setu patok 22 September 2012



1 komentar:

  1. Good info. Lu pny dokumentasi tahun lalu ya, pas banget bwt bahan tulisan. Gila bener berarti kemarau tahun ini. Kalau tahun ini saja begitu parah, bagaimana tahun depan? Semakin tahun terjadi degradasi lingkungan. Kalau tidak berbenah skr, habislah manusia. Manusia tanpa air, apa kata dunia?!?!?

    BalasHapus