Minggu, 23 September 2012

Back-Packer To Jakarta

Siapa Suruh Datang Jakarta..

Pagi hari itu, Jum'at, 7 September 2012 pukul 05.30 wib saya bersiap diri utk pergi ke Jakarta dalam rangka mengikuti ujian CPNS Kemenakertrans. Setelah semua beres, saya pun berpamitan pada Ibunda tercinta agar diberikan keselamatan dan kelancaran dalam misi saya tersebut. Tak lama, saya langsung menuju Stasiun Kejaksan.
Pukul 07.50 wib keretapun berangkat. Saya menggunakan kereta Cirebon Ekspres pada waktu itu. Hanya dalam waktu sekitar 3 jam, saya tiba di Stasiun Gambir, Jakarta.
Sesampainya di Jakarta, saya langsung mencari Masjid terdekat utk menunaikan sholat Jum'at. Tadinya saya ingin sekali sholat di Masjid Istiqlal, yang kata teman sih deket lokasinya dengan Stasiun Gambir. Namun, karena saya jarang ke Jakarta saya bingung mencari jalan menuju Istiqlal. akhirnya saya Jum'atan di Masjid sekitar Gambir.
Setelah Jum'atan, teman saya sudah menunggu di lobi stasiun Gambir. Christoper 'Coper' namanya. Dia salah satu teman SMA juga sahabat saya yang tergabung dalam Genk Pemal Communiy. Tak lama, kami pun bergegas menuju kosan di daerah Depok. Kurang lebih 1,5 Jam perjalanan menggunakan sepeda motor dari Gambir ke Depok. Dan akhirnya kamipun sampai di kosan. Setelah sampai,saya langsung istirahat mempersiapkan diri untuk tes CPNS esok hari supaya semua dapat berjalan lancar.
Setelah istirahat, saya makan nasi padang dimana harga nasi padang saat itu Rp. 11.000. Dengan lahapnya saya pun makan nasi padang tersebut. Setelah makan, saya mandi sore. Cuaca saat itu panas. Jadi, pas banget ketika panas-panas badan juga bau matahari saya mandi. Ah segeeeeerrrrr, habis mandi badan pun kembali fresh.
Waktu pun berputar..
Malam harinya saya benar-benar mempersiapkan diri untuk hadapi tes CPNS esok hari dengan cara mempelajari soal-soal dan materi CPNS. Setelah kurang lebih 2 jam belajar soal-soal,saya pun bersiap-siap tidur.
Ketika pagi Sabtu, 8 September 2012 datang, jam 05.00 wib saya bangun lalu sholat subuh. Saya pun berdo'a untuk selalu diberikan kesehatan dan kelancaran dalam menghadapi tes CPNS pada hari ini. Lalu, saya pun mandi dilanjutkan bersiap diri berangkat ke lokasi tes CPNS saat itu di GOR Bulutangkis Komplek Ragunan,Jaksel. Pukul 06.00 wib saya pun berangkat menuju lokasi tes diantar sahabat saya Coper menggunakan sepeda motor Vega R miliknya. Perjalanan dari Depok ke Ragunan tidaklah memakan waktu lama sekitar 45 menit.
Sesampainya di lokasi, saya pun harus berjalan kaki dari sekitar Kebun Binatang Ragunan menuju GOR Bulutangkis karena macet. Saat itu, ribuan peserta tes CPNS siap bertempur dan bersaing mendapat keberuntungan. Mengapa keberuntungan? sebab tes CPNS yang banyak diminati masyarakat tak ubahnya seperti undian berhadiah. Jadi, siapa yang beruntung dialah yang lolos. Saya dengar kabar tes CPNS kali ini diselenggarakan secara profesional. Profesional dalam arti jauh dari praktek-praktek kecurangan seperti kebocoran soal, uang sogokan maupun titip menitip kursi, yang notabene hal-hal demikian selalu terjadi tiap diadakannya tes CPNS. Selain itu, hasil tes CPNS tahun ini pun secara terbuka diumumkan melalui media online. Jadi, dapat diketahui seberapa beruntung kita beradu nasib dengan ribuan orang pelamar CPNS lainnya.
Akhirnya setelah berjalan kaki sekitar 500m saya pun sampai di lokasi tes CPNS GOR Bulutangkis Ragunan Jaksel. Saat itu, saya mengikuti tes CPNS Kemenakertrans formasi S1 Manajemen untuk mengisi jabatan Instruktur Kejuruan Aneka Kejuruan. Jam 07.30 wib peserta CPNS Serentak se-Indonesia saat itu mulai melaksanakan rangkaian tes CPNS dengan diawali dengan mengisi identitas diri pada formulir LJK. Jam 08.00 tes pun dimulai. Tes berlangsung 2 jam hingga pukul 10.00 wib. Jumlah soal tes CPNS saat itu 200 Soal terdiri dari : 50 soal Tes Wawasan Kebangsaan, 50 Soal Tes Intelegensia Umum, dan 100 Soal Tes Karakteristik Pribadi.

1 komentar:

  1. Judul postingannya harusnya Backpaker to Jakarta ... \(´▽`)/

    BalasHapus